Rapat Paripurna Istimewa Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau Ke-66 Tahun 2023

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau menggelar Rapat Paripurna Istimewa dalam rangka Peringatan Hari Jadi Provinsi Riau ke-66 Tahun 2023 dengan tema “Riau Bersatu”, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Rabu (9/8/2023).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, Agung Nugroho, dan Hardianto. Serta dihadiri oleh seluruh Anggota DPRD Provinsi Riau.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, Gubernur Riau Syamsuar, Wakil Gubernur Riau Edy Natar Nasution, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau, serta tamu undangan lainnya.

Rapat paripurna ini juga dihadiri oleh Gubernur Riau pada masanya, yakni Saleh Djasit, Rusli Zainal, Wan Abubakar, Annas Maamun, Djohermansyah Djohan, Arsyad Juliandi Rachman, Wan Thamrin Hasyim, dan Mambang Mit.

Serta mantan Pimpinan DPRD Provinsi Riau, yakni drh. Khaidir, Johar Firdaus, Suparman, Septina Primawati, Indra Gunawan Eet, dan Asri Auzar.

Melalui kesempatan yang berbahagia ini, Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman mengucapkan selamat Hari Jadi Provinsi Riau ke-66.

“Atas nama pimpinan dan segenap Anggota DPRD Provinsi Riau, kami mengucapkan selamat Hari Jadi Provinsi Riau ke-66. Seraya mengajak komponen masyarakat untuk senantiasa bersatu dan berkarya menuju kemandirian,” ujar Yulisman.

Penetapan Riau sebagai provinsi, merupakan sebuah perjuangan dan pengorbanan para pejuang dan tokoh-tokoh pendiri Provinsi Riau yang tak kenal lelah dan tanpa pamrih.

“Sebagian besar dari mereka telah menjemput syahidnya. Sebagian lainnya alhamdulillah masih diberi perpanjangan usia dan masih ada bersama kita. Semoga kita dapat meneladani sikap dan perjuangan mereka seraya terus bersama-sama memperkokoh persatuan dan kesatuan demi membangun Provinsi Riau yang kita cintai,” tutur Yulisman.

Untuk itu, diberikan penghargaan kepada 12 tokoh pejuang Riau oleh Gubernur Riau didampingi Wakil Gubernur Riau dan Pimpinan DPRD Provinsi Riau. Berikut 12 tokoh pejuang Riau yang mendapatkan penghargaan, diantaranya Dr. Hj. Maimanah Umar, MA (1937-2019), H. Tengku Rafian, BA (1942-2004), H. Hamzah Yunus (1914-1986), Tengku Mahmud Anzam (1932-1973), Tuan Guru H. Khalil Bin H. Abdul Shamad 1896 M-1960 M, Datuk H. Muhammad Azaly Djohan, SH (1939-2021), H. Zakaria Bin H. Muhammad Amin (1913-2006), Prof. Dr. H. Tabrani Rab, Sp. P (1941-2022), Basri Ismail (1926-1998), H. Abdul Jalil Majid (1952-1987), Yasabari (1920-1981), dan Wan Ali Husien (1924-2010).

Masing-masing tokoh pejuang Riau mendapatkan medali, sagu hati, piagam penghargaan dan buku biografi yang diterima secara langsung oleh ahli waris dari para tokoh pejuang Riau tersebut.

Dalam kesempatan ini juga, Yulisman menyebut, bahwa pada hari Selasa tanggal 8 Agustus 2023, telah dilakukan penandatanganan Letter Of Intent (LOI) kerjasama antara Pemerintah Provinsi Riau dengan IPU New Zealand. Adapun tujuan kerjasama ini sebagai upaya dalam meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia, berupa beasiswa IPU New Zealand dari Pemerintah Provinsi Riau. Ini merupakan kado pendidikan untuk masyarakat Riau di Hari Ulang Tahun yang ke-66.

“Kita berharap kegiatan ini agar terus bersinergi dan bergulir pada kerjasama yang lain. Kami mengapresiasi pihak IPU New Zealand untuk mewujudkan kerjasama ini dan direspon cepat oleh Gubernur Riau. Semoga kerjasama ini nantinya akan diikuti oleh negara lain. Tentunya ini adalah atas inisiasi dari Anggota DPRD Provinsi Riau, khususnya Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau,” kata Yulisman.

Diakhir rapat, Yulisman turut mengucapkan terimakasih kepada Gubernur dan Wakil Gubernur Riau beserta jajarannya dalam mengupayakan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Riau

“Kami juga mengucapkan terimakasih yang setinggi-tingginya untuk Gubernur dan Wakil Gubernur Riau beserta jajarannya dalam mengupayakan percepatan pembangunan dan kesejahteraan masyarakat Riau. Sesuai dengan visi Riau tahun 2025, yakni terwujudnya Provinsi Riau sebagai pusat perekonomian dan kebudayaan melayu dalam masyarakat agamis, sejahtera lahir dan batin dibentangan Asia Tenggara Tahun 2025,” tutupnya.

Rapat paripurna ini juga dimeriahkan dengan penampilan hiburan yang dipersembahkan oleh artis Malaysia yakni Rojer Kajol dengan membawakan beberapa tembang lagu melayu.

error: Content is protected !!
Scroll to Top