Wakil Ketua I DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti Menerima Kunjungan Silaturahmi Dari Gagak Hitam Provinsi Riau

Pekanbaru – Wakil Ketua I DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, bersama Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Robin P. Hutagalung, menerima kunjungan silaturahmi dari Gagak Hitam Provinsi Riau, di Ruang Rapat Wakil Ketua I DPRD Provinsi Riau, Senin (21/2/2022).

Turut serta dalam kunjungan ini Kasubbag Humas dan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau Raja Faisal Febnaldi.

Dari rombongan Gagak Hitam dipimpin oleh Panglimo Riau Yusri Yano, didampingi Panglimo Sambang Bengkalis Iskandar Izhar, Koordinator Lapangan Riau Dhedex, Datuk Setie Usehe 2 Muklis, dan Datuk Humas Dayat.

Pasukan Adat Gagak Hitam merupakan organisasi masyarakat yang bergerak di bidang penegakan dan pemeliharaan adat istiadat khususnya Adat Melayu Riau.

Adapun tujuan pertemuan tersebut adalah guna meningkatkan silaturahmi bersama DPRD Provinsi Riau serta memberikan masukan kepada pihak terkait dalam menjunjung nilai-nilai Budaya Melayu Riau. Salah satunya adalah penggunaan tanjak oleh pemerintah kabupaten/kota di Provinsi Riau dan di Pemerintahan Provinsi Riau itu sendiri.

Syafaruddin Poti sangat mendukung usulan yang disampaikan oleh pasukan adat gagak hitam tersebut dan tentunya usulan tersebut harus mempunyai landasan hukum yang kuat seperti peraturan daerah dan peraturan gubernur ataupun peraturan walikota/bupati. Selain itu, usulan tersebut harus didukung oleh Sumber Daya Manusia (SDM) karena dapat meningkatkan usaha kecil dan menengah di daerah tersebut karena tanjak yang dimiliki adalah tanjak yang lahir di Riau bukan dari daerah lain.

“Saya pikir ini usulan yang bagus, akan tetapi usulan tersebut harus mempunyai badan hukum yang kuat seperti Perda atau Pergub maupun perbup/perwako. Selain itu kita harus memiliki SDM yang baik karena ini akan meningkatkan UMKM dan yang paling penting tanjak tersebut adalah asli buatan Riau, jangan sampai daerah lain yang menjual tanjak di Riau,” ujarnya.

Diakhir pertemuan, Pasukan Adat Gagak Hitam memberikan sebuah tanjak kepada Wakil Ketua I DPRD Provinsi Riau sebagai simbol silahturahmi yang baik dan kenang-kenangan.

error: Content is protected !!
Scroll to Top