Komisi II DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Konsultasi ke Kemenparekraf RI

Jakarta – Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan konsultasi ke Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan dan Ekonomi Kreatif Republik Indonesia (Kemenparekraf RI), di Gedung Sapta Pesona, Selasa (31/5/2022).

Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Zulfi Mursal, didampingi oleh Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Riau Husaimi Hamidi, serta dihadiri oleh Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau lainnya, yaitu Abu Khoiri, Almainis, Syahroni Tua, Dona Sri Utami, Mira Roza, Septina Primawati, dan Sulaiman MZ.

Rombongan diterima langsung oleh Sekretaris Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Oneng Setya Harini, dan Sub Koordinator Pengembangan Destinasi I Area II Woro Mustiko W.

Riau memiliki beberapa objek wisata, baik wisata alam, religi, kebudayaan, maupun wisata sejarah. Hal itu mendorong Komisi II DPRD Provinsi Riau untuk melakukan diskusi secara langsung dengan pihak Kemenparekraf RI. Dengan tujuan untuk mendapatkan pembinaan mengenai pariwisata. Agar pariwisata-pariwisata yang ada di Riau dapat maju dan berkembang.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Oneng Setya Harini menyampaikan arah kebijakan Kemenparekraf RI terhadap pembangunan Pariwisata di Riau.

“Kemenparekraf RI di dalam undang-undang tidak memiliki kewenangan untuk membangun sarana dan prasarana pariwisata, akan tetapi ada regulasi yang bisa diusulkan oleh kab/kota yaitu mengusulkan Dana Alokasi Khusus (DAK) dalam pembangunan sarana dan prasarana pariwisata yang ada di daerah tersebut,” ujarnya.

Provinsi Riau memiliki banyak destinasi wisata, akan tetapi masih banyak infrastruktur yang sangat buruk serta fasilitas lainnya yang sangat terbatas sehingga pengunjung destinasi wisata tidak maksimal.

Kemudian, Oneng Setya Harini mengatakan bahwa Provinsi Riau masuk dalam 50 besar dengan kategori desa wisata se-Indonesia yakni desa Dayun, Kabupaten Siak. Kota yang masuk 50 besar sebagai desa wisata, nantinya akan dikunjungi oleh Menparekraf RI.

“Diharapkan dengan hadirnya pak Menteri di desa tersebut, bisa meningkatkan ekonomi kreatif desa tersebut dikarenakan promosi yang dilakukan oleh pak Menteri berupa promosi melalui media sosial pribadi pak Menteri hingga melalui televisi. Saat ini Kemenparekraf RI telah mensupport 3 even di Provinsi Riau, yaitu even Kenduri Riau, Festival Bandar Serai, dan Pacu Jalur. Khusus Pacu Jalur kemungkinan pak Menteri akan hadir menyaksikan even tersebut,” jelasnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top