Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan Tahun 2024-2029

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Pengucapan Sumpah/ Janji Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan Tahun 2024-2029, di Ruang Rapat DPRD Provinsi Riau, Jumat (6/9/2024).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti, Agung Nugroho dan Hardianto, serta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Fraksi DPRD Provinsi Riau, yaitu Sekretaris Fraksi Partai Golkar Parisman Ihwan beserta jajaran, Ketua Fraksi PDI Perjuangan Ma’mun Solikhin beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai Demokrat Kelmi Amri beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai Gerindra Syafrudin Iput beserta jajaran, Ketua Fraksi PKS Markarius Anwar beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai PKB Ade Agus Haryanto beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai PAN Sahidin beserta jajaran, Ketua Fraksi Gabungan PPP-Nasdem-Hanura Husaimi Hamidi beserta jajaran, serta Anggota DPRD Provinsi Riau lainnya yang mengikuti rapat ini secara virtual.

Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh Penjabat (Pj) Gubernur Riau Rahman Hadi, Pj Sekretaris Daerah Provinsi (Sekdaprov) Riau SF Hariyanto, Kepala Kejaksaan Tinggi Riau Akmal Abbas, Komandan Korem 031/Wirabima Brigadir Jenderal TNI Dany Rakca Andalasawan, Wakil Ketua Pengadilan Tinggi Riau Roki Panjaitan, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau lainnya.

Rapat paripurna ini merupakan rapat paripurna pertemuan terakhir bagi Anggota DPRD Provinsi Riau masa jabatan 2019-2024, tentunya ini menjadi momen penting dalam perjalanan kehidupan politik di Pemerintahan Provinsi Riau.

“Meskipun tugas sudah beralih tanggungjawabnya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau masa jabatan 2024-2029, namun tiga fungai dewan yang menjadi tugas pokok tetap akan menjadi tugas yang senantiasa melekat seperti Anggota Dewan sebelumnya, yakni fungai pembentukan peraturan daerah, fungsi anggaran dan fungsi pengawasan,” ucap Yulisman.

Berdasarkan surat keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.4-3665 Tahun 2024 Tanggal 5 September 2023 tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2019-2024 dan keputusan Menteri Dalam Negeri RI Nomor 100.2.1.4-3666 Tahun 2024 Tanggal 5 September 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan Tahun 2024-2029 sejalan juga dengan Peraturan Pemerintah Nomor 12 Tahun 2018 Pasal 28 Ayat 3 “Anggota DPRD sebelum memangku jabatannya mengucapkan sumpah/janji secara bersama-sama yang dipandu oleh Ketua Pengadilan Tinggi bagi Anggota DPRD Provinsi”.

Maka dari itu rapat ini dilanjutkan dengan pembacaan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Peresmian Pemberhentian Anggota DPRD Provinai Riau Masa Jabatan 2019-2024 dan surat keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia tentang Peresmian Pengangkatan Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024-2029, dalam hal ini dibacakan oleh Kepala Bagian Umum Sekretariat DPRD Provinsi Riau Marto Saputra.

Berikut merupakan nama-nama Anggota DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024-2029. Dari Fraksi Partai PDI Perjuangan, yaitu Robin P Hutagalung, Ma’mun Solikhin, Gardi Gandra, Suyadi, Kaderismanto, Sofyan, M. Alga Viqky Azmi, Soniwati, Sella Pitaloka, Andi Darma Taufik, dan Dodi Nefeldi SPBU.

Dari Fraksi Partai Golkar, yaitu Parisman Ihwan, Repol, Evi Juliana, Darmalis, Nalladia Ayu Rokan, Indra Gunawan Eet, Imustiar, Septina Primawati, Ferryandi, dan Jons Ade Nopendra.

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (PKS), yaitu Ahmad Tarmizi, Ayat Cahyadi, Amal Fathullah, Adam Syafaat, Khairil Umam, Sutan Sari Gunung, Abdul Kasim, Abdullah, Samsuri Daris, dan Rizal Zamzami.

Fraksi Partai Gerindra, yaitu Ginda Burnama, Edi Basri, Budiman Lubis, Syafrudin Iput, Hardianto, Androy Ade Rianda, Zulfadhli Alhamdi, dan Zulhendri.

Fraksi Partai Demokrat, yaitu Agung Nugroho, Eva Yuliana, Kelmi Amri, Dodi Saputra, Nur Azmi Hasyim, Monang Eliezer Pasaribu, Agus Triansyah, dan Manahara Napitupulu.

Fraksi Partai PKB, yaitu Kasir, Adrias, Misliadi, Muhtaro, Dani M Nursalam, dan Ade Agus Hartanto.

Fraksi Partai Nasdem, yaitu Munawar Syahputra, Efrialdi, Hasby Assodiqi, Ali Rahmad Harahap, Farida H Saad, dan Daniel Eka Perdana.

Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), yaitu Mohammad Fadel Variza, Diski, Sunaryo, Fairus, Dodi Irawan, dan Ikbal Sayuti.

Pelantikan pengambilan sumpah dilakukan oleh Wakil Pengadilan Tinggi Riau dalam versi agama Islam dan Kristen yang akan dilantik diwakilkan oleh Ayat Cahyadi secara Islam, Monang Pasaribu secara Katholik, dan Soniwati secara Kristen.

Setelah pengambilan sumpah, acara ini dilanjutkan dengan penandatanganan sumpah/ janji yang ditandatangani oleh Ayat Cahyadi secara Islam, Monang Pasaribu secara Katholik dan Soniwati secara Kristen sekaligus penyematan Lencana Dewan serta pengumuman Pimpinan Dewan Sementara.

Dilanjutkan dengan serah terima pimpinan yang ditandai dengan penyerahan palu pimpinan dan buku memori dari pimpinan lama kepada pimpinan sementara.

Pada paripurna pelantikan ini, ditetapkan Pimpinan Umum Sementara dari Fraksi PDI Perjuangan Ma’mun Solikhin, dan dari Fraksi Partai Golkar Indra Gunawan Eet.

Rapat Paripurna ini diakhiri dengan pemberian ucapan selamat yang diiringi lagu Bagimu Negeri yang menjadi tanda masa tugas dan pengabdian sebagai wakil rakyat di lembaga legislatif untuk 5 (lima) tahun ke depan.

error: Content is protected !!
Scroll to Top