Ade Agus Hartanto Minta KONI Riau Transparan Terhadap Penggunaan Anggaran

Pekanbaru – Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto, meminta Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Riau transparan terhadap penggunaan anggaran.

Anggaran Dana Hibah KONI Riau untuk tahun 2023 mengalami kenaikan Rp 16 Miliar menjadi sebesar Rp 47 Miliar dibandingkan tahun 2022 yang hanya Rp 31 Miliar.

“Saya juga heran, apa alasan KONI tidak menjelaskan penggunaan anggaran ini untuk apa-apa saja. Padahal saat pengajuan, KONI melalui Dispora Provinsi Riau jelas peruntukannya,” ujar Ade Agus, Kamis (21/9/2023).

Ade Agus menekankan pentingnya transparansi penggunaan anggaran ini kepada publik.

“KONI harus lebih terbuka terkait penggunaan anggaran tahun 2023 ini ke publik. Kan yang mengajukan anggaran itu KONI, jadi kenapa sekarang banyak keluhan bahwa KONI terkesan tertutup terkait penggunaan anggaran Rp 47 Miliar ini?” tegas Ade Agus.

Dari anggaran yang besar itu, lanjut Ade Ague, KONI Riau masih mengajukan tambahan anggaran baru untuk kebutuhan Pekan Olahraga Wilayah (Porwil) XI Sumatera, dimana Riau menjadi tuan rumah.

“Apabila anggaran KONI tahun 2023 sebesar Rp 47 miliar ini saja terkesan dirahasiakan dari publik, bagaimana kalau ditambah lagi? KONI harus lebih terbuka ke publik, karena tidak ada aturan yang mengatur KONI tertutup terkait penggunaan APBD tahun 2023 yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Riau,” pungkas Ade Agus.

error: Content is protected !!
Scroll to Top