Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman didampingi Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto Menghadiri Rapat Musyawarah

Indragiri Hulu – Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman didampingi Anggota Komisi V DPRD Provinsi Riau Ade Agus Hartanto menghadiri rapat musyawarah terkait dengan kondisi jalan provinsi yang ada di Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu), di Aula Kantor Camat Peranap, Jumat (20/5/2022).

Turut hadir pada rapat tersebut Anggota DPRD Kabupaten Inhu Dodi Irawan, Camat Peranap Yusri, Kabid Dinas PUPR Bidang Marga Ali Subagyo, Kepala PUPR Inhil Sanusi, Forkopimda Kabupaten Inhu, serta tokoh adat, tokoh masyarakat, dan Forum Kepala Desa.

Adapun pembahasaan rapat ini berkenaan dengan kondisi jalan provinsi yang ada di Kabupaten Inhu, khususnya ruas jalan Air Molek-Cerenti dan ruas jalan Peranap simpang IFA, yang saat ini kondisinya sangat memprihatinkan (rusak parah). Sehingga sangat mengganggu masyarakat pengguna jalan (lalu lintas barang dan jasa) dan sangat berpotensi terjadinya kecelakaan lalu lintas.

Perwakilan dari tokoh masyarakat, Sukardi menyampaikan harapannya kepada Anggota DPRD Provinsi Riau untuk meningkatkan infrastruktur jalan, serta penertiban terhadap truk dengan muatan yang melebihi kapasitas.

“Harapan kami melalui forum rapat ini, melalui Anggota Dewan kami meminta untuk peningkatan insfrastruktur jalan dan yang lebih penting dibalik peningkatan jalan adalah penertiban truk muatannya. Dengan membuat Perda inisiatif atau surat edaran gubernur tentang penertiban muatan angkutan pertambangan batubara yang maksimal dan membatasi akrobat angkutan mobil batubara tersebut,” harapnya.

Menanggapi hal tersebut, Ade Agus Hartanto mengatakan terkait usulan untuk membuat suatu Perda tersebut.

“Kalau tonasi dibatasi akan memperbanyak ruang kerja perusahaan, jadi setiap aturan butuh kajian-kajian, solusinya adalah penggunaan jalan harus sesuai dengan standar,” tuturnya.

Kabid Dinas PUPR Ali Subagyo menjelaskan bahwa saat ini tingkat kerusakan jalan ada pada beberapa titik ditepi badan jalan yang kondisinya terdapat saluran yang tersumbat.

“Kami akan berusaha mengurangi tingkat kerusakan yang ada, tetapi peran masyarakat sekitarnya berpengaruh sangat besar dalam pemeliharaan kondisi jalan, ketika ada saluran yang tersumbat mohon dialirkan secepatnya sehingga bisa mengurangi tingkat kerusakan jalan,” tutupnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top