Yogyakarta – Panitia Khusus (Pansus) Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan kerja ke Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (12/4/2022).
Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Pansus Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau Zulkifli Indra, didampingi Wakil Ketua Pansus Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau Adam Syafaat, dan Anggota Pansus Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau lainnya, yaitu Septina Primawati, Ramos Teddy Sianturi, Soniwati, Almainis, Agus Triansyah, Syafrudin Iput, Muhammad Aulia, Ardiansyah, Sahidin, Sunaryo, Abu Khoiri, Kasir, dan Sardiyono.
Turut hadir Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Provinsi Riau Mimi Yuliani Nazir berserta jajarannya.
Kunjungan ini dilatarbelakangi dari wujud tata kelola perpustakaan dan fungsi perpustakaan sebagai wahana pendidikan dan informasi. Sehingga diperlukan suatu aturan sebagai landasan hukum dalam rangka penyelenggaraan perpustakaan daerah.
Pansus Raperda tentang Penyelenggaraan Perpustakaan DPRD Provinsi Riau bertugas melakukan pembahasan terkait Ranperda usulan pemerintah tersebut. Oleh karenanya perlu ada kepastian hukum dalam penyelenggaraan perpustakaan daerah yang berkualitas, terintegrasi dan berkesinambungan, serta mampu mewujudkan perpustakaan sebagai destinasi wisata.
Perda Provinsi DIY Nomor 1 Tahun 2021 yang terbentuk tentang Penyelenggaraan Perpustakaan adalah suatu kemajuan di era revolusi industri 4.0 yang mana semua pelayanan publik termasuk pelayanan perpustakaan sudah harus berbasis teknologi informasi dan komunikasi (digitalisasi).
Hal ini dapat menjadi tolak ukur ataupun referensi bagi Pemerintah Provinsi Riau yang kini sedang merancang Perda serupa.
Dalam kunjungan kerja pada hari ini, pihak tuan rumah juga berkenan menunjukkan diorama-diorama dari sejarah perjuangan kemerdekaan Republik Indonesia, baik sejarah-sejarah dari zaman kolonial Belanda hingga terbentuknya era reformasi seperti saat ini.