Komisi III DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi ke Badan Penghubung Pemerintah provinsi Riau Yang Berada di Provinsi DKI Jakarta

Jakarta – Dalam rangka menggali informasi terkait pengelolaan aset pemerintah Provinsi Riau yang berada di Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Komisi III DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan observasi ke Badan Penghubung Pemerintah provinsi Riau yang berada di Provinsi DKI Jakarta. Jum’at (10/03/2022).

Rombongan Komisi III DPRD Riau dipimpin langsung Wakil Ketua Komisi III Karmila Sari serta turut hadir anggota Komisi III lainnya yakni Sugeng Pranoto, Syahroni Tua, Lampita Pakpahan, Sofyan Siroj, Syamsurizal, dan Misliadi.

Bertempat di area anjungan Riau TMII Jakarta, rombongan diterima langsung oleh selaku Richa Rizki Irawan selaku Kasubbag Protokol Penghubung Pemprov Riau di Jakarta mewakili Kaban yang berhalangan hadir karena sedang ada agenda di Pekanbaru. Hadir juga mendampingi kepala sub anjungan Riau TMII Jakarta, Zulfikar.

Pada kunjungan ini Komisi III menyorot tentang anjungan Riau yang berada di kawasan TMII ini dimana tampak seperti terabaikan serta kurang digali potensinya serta pemanfaat bagi pendapatan asli daerah.

“Di era IT ini saya pribadi melihat kurang sekali serangan masif promosi dari anjungan Riau di TMII ini via sosial media sehingga tidak menjadi pilihan utama wisata budaya masyarakat Riau apalagi masyarakat Indonesia secara keseluruhan.” ujar Karmila.

Zulfikar sendiri mengaminkan hal tersebut dan mengklaim itu semua terjadi karena kurangnya dukungan baik moril baik perhatian, produk budaya dan tentunya anggaran kepada pemanfaatan aset di anjungan Riau TMII Jakarta.

“Namun saya juga bisa pastikan bahwa ada perubahan juga sejak 2015, karena sebelum tahun 2015 anjungan Riau ini memang biasa saja. Namun sejak 2015-2018 sudah kita mulai maksimalkan pengelolaan kelembagaaannya itu sudah kita mulai sejak berada dibawah naungan Badan Penghubung karena sebelum itu kelembagaan pengelolaannya berpindah pindah.” terang kepala anjungan Riau TMII yang sudah mengabdi selama 12 tahun ini.

Selama kurang lebih 2 jam pertemuan banyak sekali masukan, saran dan kritik dari Komisi III agar pengelolaan anjungan Riau ini dimasa depan bisa jauh lebih baik, bahkan komisi III DPRD Riau sangat serius ingin mewujudkan itu dengan menjadwalkan dalam waktu dekat untuk rapat lintas komisi di DPRD Riau terkait hal ini.

“Harapan kami dengan hadirnya kami komisi III ini banyak memberikan masukan dan juga ada perkembangan, karena kita akan tindak lanjuti supaya ada kelanjutannya. Kalau kita tidak bisa melihat dan mengemas apa budaya tentu sangat disayangkan sekali.” tutup Karmila Sari.

error: Content is protected !!
Scroll to Top