Komisi II DPRD Provinsi Riau Melakukan Kuntil ke UPT. BBI Desa Rantau Kopar

Rohil – Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Insentil (Kuntil) ke UPT. Balai Benih Ikan (BBI) Desa Rantau Kopar Kecamatan Rantau Kopar Kabupaten Rokan Hilir (Rohil), Selasa (21/6/2022).

Kunjungan ini dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Zulfi Mursal, serta Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau lainnya, yaitu Abu Khoiri, Sulastri, Mira Roza, Almainis, dan Septina Primawati.

Rombongan diterima langsung oleh Koordinator UPT. BBI Kecamatan Rantau Kopar Maiza, Staf UPT. BBI Kecamatan Rantau Kopar Imam, beserta staf lainnya.

Koordinator UPT. BBI Kecamatan Rantau Kopar Maiza menjelaskan bahwa di UPT. BBI ini dilakukan pembibitan dan pembudidayaan. Terdapat 3 jenis ikan yang dibudidayakan, yaitu Ikan Nila, Ikan Patin dan Ikan Lele.

Kemudian, Maiza menambahkan terdapat 11 kolam ikan. Pihaknya juga memberikan bibit secara gratis untuk masyarakat setempat khususnya kalangan menengah kebawah dengan persyaratan harus mempunyai kolam, dan memberikan fotocopy KTP.

Usai pemaparan tersebut, Zulfi Mursal menanyakan sumber dana untuk penyediaan benih dan jumlah anggaran APBD Riau pertahunnya yang diperuntukkan untuk BBI ini.

Zulfi Mursal juga menyarankan agar Balai Benih Ikan di Rantau Kopar dan Ujung Tanjung bisa mengakomodir masyarakat Rohil yang kebanyakan berprofesi dalam membudidayakan ikan.

Menanggapi hal tersebut, Imam mengatakan untuk pengadaan bibit itu berasal dari dinas kabupaten.

“Bibit tidak kita beli, kita hanya membeli induknya saja dan ikan ini tidak kita kawinkan semua, tergantung Tingkat Kematangan Gonad (TKG) dan suplemennya. Untuk pelatihan, kita sudah pernah mengadakan pembentukan tim pencegahan ilegal fish. Terkait pengawasan bibit yang diberikan secara gratis, kita melakukan pengawasan sebulan sekali. Kalau hasilnya, terserah masyarakat mau dipergunakan untuk,” tuturnya.

Sementara itu, Mira Roza menyarankan agar sarana prasarana yang ada dikantor lebih ditingkatkan lagi. Selain itu, untuk sarana prasarana yang disediakan tidak hanya untuk pembudidayaan bibit, tetapi juga untuk tempat pelatihan.

Kunjungan ini dilanjutkan dengan melakukan peninjauan kolam ikan yang ada di Balai Benih Ikan Kecamatan Rantau Kopar.

error: Content is protected !!
Scroll to Top