DPRD Provinsi Riau Menerima Kunjungan Dari Anggota Ombudsman Republik Indonesia

Pekanbaru – Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman didampingi Komisi I DPRD Provinsi Riau, seperti ketua komisi I Ade Agus Hartanto dan anggota komisi I lainnya Markarius Anwar, Ihwandi dan Sardiyono, menerima kunjungan dari anggota Ombudsman Republik Indonesia (ORI) dalam rangka Koordinasi Pengawasan Penyelenggaraan Pelayanan Publik, di Ruang VIP DPRD Provinsi Riau, Rabu (07/04/2021).

Kunjungan tersebut dihadiri oleh Ketua ORI Heri Susanto, Ketua Ombudsman Provinsi Riau Ahmad Fitri, dan staf lainnya.

Ketua ORI, Heri Susanto mengungkapkan terkait efektivitas penegakan hukum pada perkara kebakaran hutan dan lahan dalam rangka pemulihan dampak lingkungan hidup yang saat ini berdasarkan data World Bank kerugian material akibat kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) pada tahun 2015 cukup besar

“Dalam rentan waktu 2015-2020 total luas kawasan hutan dan lahan yang terbakar mencapai 5.690.723 yang merupakan lahan perkebunan kelapa sawit dan bubur kertas. Dalam hal ini, Ombudsman sebagai sarana pelayanan publik berharap dapat bekerjasama dengan DPRD Provinsi Riau agar masyarakat tidak bingung untuk menyampaikan aspirasinya kemana,” ujarnya.

Lebih lanjut, Heri Susanto mengungkapkan akan berusaha untuk masyarakat mendapatkan pelayanan publik yang baik.
“Kami berusaha agar Non Commissioned Officer (NCO) untuk merajut sahabat Ombudsman seperti membangun posko agar mereka bisa berpartisipasi dalam penanganan respon cepat Ombudsman,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut Ketua DPRD Provinsi Riau, Yulisman menyampaikan saran mengenai wewenang Ombudsman.

“Barangkali yang tidak menjadi kewenangan kami salah satunya dalam hal pengawasan masalah listrik, mungkin Ombudsman bisa membuat kotak pengaduan masyarakat. Serta mengenai masalah pertanahan di Provinsi Riau yang masih banyak tidak memiliki izin dan juga yang berada didalam kawasan hutan agar dapat diatasi, barangkali ini bisa menjadi tempat pelayanan publik dibidang kesejahteraan sosial dan lain sebagainya,” ujarnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau, Ade Agus Hartanto yang berharap Ombudsman dapat bekerjasama dengan baik dengan DPRD Provinsi Riau.

“Semoga kedepannya akan terbangun kerjasama yang baik dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” ujarnya.

Dalam akhir pertemuan Yulisman berharap pertemuan kali ini mendapatkan hasil yang baik dalam hal pelayanan publik mengenai karhutla dan permasalahan publik lainnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top