Kaderismanto Emban Tanggung Jawab Sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029

Pekanbaru – Profil Ketua DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024-2029 dari Fraksi PDI Perjuangan.

Beberapa waktu lalu, DPRD Provinsi Riau menggelar Rapat Paripurna dalam rangka pengucapan sumpah/janji Pimpinan DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024-2029, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Kamis (24/10/2024).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Sementara Ma’mun Solikhin, serta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Fraksi DPRD Provinsi Riau, yaitu Wakil Ketua Fraksi PDI Perjuangan Suyadi beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai Golkar Nalladia Ayu Rokan beserta jajaran, Wakil Ketua Fraksi PKS Khairul Umam beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai Gerindra Ginda Burnama beserta jajaran, Ketua Fraksi Partai Demokrat Dodi Saputra beserta jajaran, Ketua Fraksi PKB Kasir beserta jajaran, Ketua Fraksi Nasdem Munawar Saputra, Ketua Fraksi Gabungan (PAN dan PPP) Diski beserta jajaran.

Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh Pj Gubernur Riau Rahman Hadi, Ketua Pengadilan Tinggi Riau Siswandriyono, Kepala Kepolisian Daerah (Kapolda) Riau Irjen Pol Mohammad Iqbal, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau lainnya.

Berdasarkan Surat Keputusan Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor 100.2.1.4-4320 Tahun 2024 tentang Peresmian Pengangkatan Pimpinan DPRD Provinsi Riau, meresmikan pengangkatan Kaderismanto (PDI Perjuangan) sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau, dan Parisman Ihwan (Golkar), Ahmad Tarmizi (PKS) serta Budiman Lubis (Gerindra) sebagai Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Masa Jabatan 2024-2029.

Usai dilantik oleh Ketua Pengadilan Tinggi Riau, Kaderismanto dalam sambutannya menegaskan, pihaknya akan berusaha untuk menjalankan sumpah dan janji dengan sebaik-baiknya. Ia juga meminta doa dan dukungan dari seluruh pihak dalam menjalankan amanah yang dipikulnya.

“Oleh karena itu, melalui forum rapat paripurna ini, kami selaku Pimpinan DPRD Riau mengajak kita semua khususnya Anggota DPRD Riau yang terhormat untuk menjadikan lembaga ini sebagai sebuah laman pengabdian. Untuk itu mari kita curahkan segala kemampuan yang ada pada diri kita secara ikhlas dan sunggung-sungguh,” tutupnya.

Sebagai informasi, Kaderismanto merupakan kader PDI Perjuangan yang lahir pada 12 Oktober 1978 di Desa Batu Panjang, Pulau Rupat. Ia memiliki rekam jejak panjang dalam dunia politik, khususnya di PDI Perjuangan.

Karir politiknya dimulai pada tahun 1999 ketika ia menjabat sebagai Ketua Ranting PDI Perjuangan di Kelurahan Batu Panjang, Kecamatan Rupat, hingga tahun 2000. Setelah itu, ia diangkat sebagai Bendahara PAC PDI Perjuangan Kecamatan Rupat dari tahun 2000 hingga 2005.

Kaderismanto terus menunjukkan dedikasinya di partai, dengan dipercaya sebagai Ketua PAC PDI Perjuangan Kecamatan Rupat untuk periode 2005-2010.

Kiprahnya semakin luas ketika ia terpilih menjadi Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Bengkalis pada 2010, jabatan yang diembannya selama dua periode hingga 2020.

Pada tingkat provinsi, Kaderismanto mendapat kepercayaan untuk menjadi Pelaksana Tugas (Plt) Ketua DPD PDI Perjuangan Riau pada tahun 2019. Saat ini, ia masih menjabat sebagai Sekretaris DPD PDI Perjuangan Riau, posisi yang juga ia mulai pada tahun 2019.

Di bidang legislatif, Kaderismanto menjabat sebagai Wakil Ketua DPRD Kabupaten Bengkalis pada periode 2014-2019, dan kembali terpilih untuk periode 2019-2020. Tidak hanya di bidang legislatif, ia juga mencoba peruntungannya di eksekutif sebagai calon kepala daerah Kabupaten Bengkalis pada Pilkada 2020 berpasangan dengan Iyeth Bustami, namun saat itu langkahnya masih mengalami kegagalan.

Kini, dengan pengalaman panjangnya. Kaderismanto mengemban tanggung jawab sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029.

error: Content is protected !!
Scroll to Top