DPRD Riau Semakin Serius Mengevaluasi Pengelolaan Aset Milik Pemprov Riau

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau semakin serius mengevaluasi pengelolaan aset milik Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau mendekati akhir masa jabatan, Kamis (5/9/2024).

Salah satu yang menjadi sorotan adalah pengelolaan Hotel Arya Duta yang terletak di Jalan Diponegoro, Pekanbaru. DPRD Provinsi Riau mendukung langkah Pemprov Riau untuk mengambil alih sepenuhnya pengelolaan hotel tersebut dari pihak swasta, PT Lippo Karawaci.

Ketua Komisi III DPRD Provinsi Riau Markarius Anwar menegaskan, bahwa aset-aset yang dimiliki Pemprov Riau memiliki potensi besar untuk menghasilkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) yang signifikan. Ia menekankan pentingnya pengelolaan yang produktif agar aset-aset tersebut bisa mendatangkan pendapatan bagi daerah.

“Pemprov harus mampu mengelola aset-aset ini secara kreatif dan maksimal. Sebagai contoh, gedung-gedung milik Pemprov yang sudah dibangun dengan dana APBD Riau bisa disewakan untuk keperluan di luar dinas, sehingga dapat menambah PAD,” jelasnya.

Selain itu, lahan-lahan yang dimiliki oleh Pemprov juga dinilai sebagai sumber potensi PAD yang perlu digarap secara serius. DPRD Riau berharap agar setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD) bisa berinovasi dalam memanfaatkan aset-aset ini.

Komisi III DPRD Provinsi Riau juga menyatakan bahwa mereka sejak awal mengkritisi pengelolaan Hotel Arya Duta oleh pihak swasta, yang hanya menghasilkan dividen sebesar Rp200 juta per tahun. Oleh karena itu, langkah Pemprov Riau untuk mengambil alih pengelolaan hotel ini dinilai sangat tepat dan mendapat dukungan penuh dari DPRD Provinsi Riau.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Eddy A Mohd Yatim, turut memberikan perhatian terhadap pembangunan aset Pemprov Riau di luar daerah, yakni pembangunan Menara Riau di Slipi, Jakarta. Pembangunan menara ini dilakukan melalui skema Kerja Sama Pemanfaatan (KSP) antara pemerintah dan pihak ketiga. DPRD Riau berharap agar MOU yang dibuat dengan pihak ketiga dapat memberikan keuntungan yang signifikan bagi Riau.

DPRD Provinsi Riau juga mengingatkan seluruh kepala OPD di lingkungan Pemprov Riau untuk memiliki komitmen tinggi dalam pengelolaan barang milik daerah agar setiap aset dapat dikelola dengan baik dan memberikan manfaat ekonomi bagi daerah.

error: Content is protected !!
Scroll to Top