Syamsurizal Lakukan Sosialisasi Bidang Keagamaan dan Pengembangan Ekonomi Masyarakat

Rokan Hulu – Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Riau Syamsurizal, melakukan sosialisasi bidang keagamaan dan pengembangan ekonomi masyarakat saat melakukan reses di desa Rambah Tengah Barat (RTB) Kecamatan Rambah Rokan Hulu, Sabtu siang (22/7/2023).

Hadir pada acara itu Kades RTB Sopian, Tokoh Masyarakat desa Kaiti Ripardi,Tokoh Agama Khalipah Basir dan ratusan warga desa.

Pada kesempatan itu Sekretaris Komisi V DPRD Provinsi Riau Syamsurizal menyampaikan tujuan acara ini adalah dalam rangka Sosialisasi Undang-Undang keagamaan, juga masalah pengembangan ekonomi masyarakat di bidang perkebunan gula aren yang sangat digemari Khalayak ramai.

“Sebetulnya untuk mengembangkan ekonomi masyarakat adalah tiga tungku Sajorangan atau(Tali berpilin tiga ) yakni Ulama, Umaroh, Pemerintah,” ujarnya.

Khusus di Desa Rambah Tengah Barat ini, lanjut dia, hasil perkebunan yang menjadi idola masyarakat adalah produksi gula aren, dan produksi gula aren ini sudah bertahun-tahun, bahkan sudah sangat digemari baik dalam daerah maupun di luar daerah.

“Dan gula aren itu sekarang sudah jauh menurun airnya dan tidak lagi seperti dulu mencapai tiga kwintal. Kita sayangkan saat ini air aren itu sudah tidak banyak lagi karena banyaknya warga menjadikan tuak,” terangnya.

Syamsurizal menambahkan terkait dengan aspirasi masyarakat yang disampaikan baik dengan lisan maupun dengan proposal, dirinya berjanji akan memperjuangkan di paripurna DPRD Provinsi Riau, setelah selesai reses nantinya.

Sementara itu salah satu Tokoh Masyarakat Desa RTB Ripardi yang juga Ketua petani aren mengatakan saat ini kalau barangnya ada pesanan dari luar saja sekarang meminta 5 kwintal, dan satu lagi sebanyak 3 kwintal, akan tetapi produksi air aren sudah menurun sejak ramainya warga membuat tuak, padahal lebih mahal gula aren dari tuak tersebut.

“Kita berharap kepada masyarakat agar kembali menjadikan air aren untuk membuat gula agar setiap permintaan gula aren bisa do penuhi,” harap Pardi.

Beberapa warga desa RTB disela,-sela pertemuan itu meminta agar Syamsurizal mencalon sebagai Bupati Rohul di tahun 2024 ini.

”Kami siap berjuang dan memberikan hak suara nantinya kalau pak Samsurizal maju sebagai orang nomor satu di Rohul ini,” ungkap Aminah dan diaminkan para rekannya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top