Komisi IV DPRD Riau Kunjungan Observasi Terkait Pengawasan Dalam Pengelolaan Sumber Daya Air di DPRD Provinsi DIY

Yogyakarta – Komisi IV DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Observasi terkait pengawasan dalam pengelolaan sumber daya air di DPRD Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Selasa (27/6/2023).

Kunjungan ini dipimpin oleh Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan, didampingi oleh Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau lainnya, beserta staf dan Tenaga Ahli (TA) Komisi IV DPRD Provinsi Riau.

Rombongan Komisi IV DPRD Provinsi Riau diterima oleh Ketua Komisi C DPRD Provinsi DIY Gimmy Rusdin.

Sebagai informasi, permasalahan utama pada bidang Sumber Daya Air di Provinsi Riau adalah masih rendahnya kualitas dan kuantitas jaringan irigasi untuk mendukung produktivitas lahan pertanian. Menurunnya daya tampung sungai dan sistem drainase, mangakibatkan kerentanan resiko genangan banjir. Hal ini tergambar dari frekuensi banjir akibat tidak idealnya Koefisien Regim Aliran dan Koefisien Aliran Tahunan pada DAS utama di Provinsi Riau.

Komisi IV DPRD Provinsi Riau sebagai yang membidangi pembangunan dalam hal ini Pertambangan dan Energi turut serta memperhatikan hal ini dan terus bertukar informasi dan pengalaman demi tercapainya keseimbangan ekosistem daerah.

Adapun strategi pengembangan prasarana sumber daya air ditetapkan dengan melakukan konservasi sumber daya air secara berkesinambungan terhadap air tanah dan air permukaan, mengendalikan secara ketat penggunaan lahan di daerah tangkapan air dan disekitar sumber air, memperbanyak tampungan air yang berupa waduk, embung, tandon air dan kolam penampung air untuk memenuhi kebutuhan air baku dan konservasi, mencegah perubahan penggunaan lahan sawah beririgasi, memantapkan prasarana sumber daya air yang sudah ada agar berfungsi optimal.

Di akhir diskusi, Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Riau Parisman Ihwan mengapresiasi program kerja yang dilakukan oleh DPRD Provinsi DIY yang menurutnya banyak inovasi yang bisa dicontoh untuk diterapkan di Provinsi Riau.

error: Content is protected !!
Scroll to Top