Komisi II RDP Dengan Dinas Perkebunan Provinsi Riau Terkait Turun Naiknya Harga Sawit

Pekanbaru – Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan Rapat Dengar Pendapat (RDP) dengan Dinas Perkebunan Provinsi Riau, di Ruang Rapat Komisi II DPRD Provinsi Riau, Rabu (31/8/2022).

Rapat ini dipimpin oleh Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Syafrudin Iput, didampingi Wakil Ketua Komisi II DPRD Provinsi Riau Zulfi Mursal, serta Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau Mira Roza dan Syahroni Tua.

Hadir pada rapat tersebut Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli, beserta jajarannya.

Pada pertemuan ini membahas mengenai turun naiknya harga sawit, dan siapa pihak yang berwenang dalam penetapan harga sawit tersebut.

Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau Zulfadli menjelaskan dinamika terkait harga sawit pada tiga bulan terakhir yang mengalami turbulensi, harga CPO dunia tinggi tetapi faktanya di 23 provinsi di Indonesia harga sawitnya anjlok.

Zulfadli juga menambahkan bahwa ini berdampak dari barang ekspor sehingga stok CPO tangki-tangki menumpuk karena tidak bisa keluar, namun kondisi untuk saat ini harga CPO sudah mulai naik.

Dalam perhitungan rumus penetapan harga, Zulfadli mengatakan bahwa hal tersebut mengacu pada Peraturan Menteri Pertanian (Permentan), dan acuan harga berdasarkan harga lelang di kantor pemasaran bersama KPB yang ada di Jakarta.

Di akhir rapat, Komisi II DPRD Provinsi Riau menghimbau kepada Dinas Perkebunan Provinsi Riau untuk di tahun 2023 memberikan gambaran program kegiatan apa saja yang bisa dilakukan dan diberikan, sehingga dapat membantu petani dan sektor terkait lainnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top