Komisi II DPRD Provinsi Riau Melakukan Kunjungan Observasi Ke UPTD Balai Inseminasi Buatan Tuah Sekato Dinas Peternakan Dan Kesehatan Hewan Di Payakumbuh

Payakumbuh – Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan observasi ke UPTD Balai Inseminasi Buatan Tuah Sekato Dinas Peternakan dan kesehatan hewan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar), di Payakumbuh, Rabu (6/10/2021).

Rombongan yang dipimpin Wakil Ketua Komisi II M. Arfah dan dihadiri anggota komisi II lainnya, seperti Manahara Napitupulu, Yanti Komala Sari, Dona Sri Utami, Ali Rahmad H, dan Ardiansyah.

Kunjungan ini disambut Kepala Tata Usaha UPTD Balai Inseminasi Buatan Tuah Sekato Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar Nilam dan Kasi Produksi Semen Beku dan Biotekhnologi Esti Rahayu.

Dalam sambutannya M. Arfah menanyakan tentang pemeliharaan dan kebersihan sapi, sementara Manahara menanyakan pemeriksaan kesehatan hewan Sapi tersebut.

Menjawab hal itu, Nilam menjelaskan bahwa pembersihan kandang dilakukan setiap pagi dan siang, hal tersebut juga meliputi pembersihan tempat Pakan dan minuman sapi.

“Petugas kandang selalu menjaga kebersihan lingkungan sekitar kandang dan pemeriksaan ternak selalu memperhatikan kesehatan, melaporkan masalah kesehatan hewan k Paramedis atau petugas medis utk segera dilakukan tindakan.

Lebih lanjut Esti Rahayu menjelaskan jika pemberian obat-obatan dilakukan sesuai dengan dosis, terutama saat sapi sakit. “Sedangkan pemberian obat cacing di lakukan secara berkala minimal 3 bulan sekali,” jelasnya.

Usai mendengar penjelasan tersebut, M. Arfah berharap pemerintah Provinsi Riau dapat mempelajari yang diterapkan serta dilakukan UPTD Peternakan dan Kesehatan Hewan Provinsi Sumbar.

error: Content is protected !!
Scroll to Top