Kaderismanto Ketua Defenitif DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PDI Perjuangan

Pekanbaru – Mengenal Ketua Defenitif DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PDI Perjuangan, Kaderismanto.

Beberapa waktu lalu, DPRD Provinsi Riau telah menggelar Rapat Paripurna dengan agenda pengumuman usulan peresmian pengangkatan Pimpinan Defenitif DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PDI Perjuangan, Fraksi Partai Golkar, Fraksi Partai PKS, dan Fraksi Partai Gerindra Masa Jabatan Tahun 2024-2029, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Senin (7/10/2024).

Rapat ini dipimpin oleh Pimpinan Sementara DPRD Provinsi Riau Ma’mun Solikhin, serta dihadiri oleh Anggota DPRD Provinsi Riau lainnya.

Dari Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh Asisten I Sekretariat Daerah Provinsi (Setdaprov) Riau Elly Wardhani, beserta jajaran Forkopimda Provinsi Riau lainnya.

Berdasarkan Surat Dewan Pimpinan Pusat Partai PDI Perjuangan Nomor 6855/IN/DPP/IX/2024 Tanggal 25 September 2024 tentang Pengesahan dan Penetapan Pimpinan DPRD Provinsi Riau dari Fraksi PDI-Perjuangan disebutkan bahwa mengesahkan Kaderismanto sebagai Pimpinan DPRD Provinsi Riau Periode 2024-2029.

Sebagaimana telah dibacakannya usulan pimpinan definitif DPRD Provinsi Riau, maka selanjutnya diminta kepada Sekretaris DPRD Provinsi Riau untuk menindaklanjuti sesuai mekanisme dan peraturan perundang-undangan yang berlaku.

Kaderismanto mengaku amanah sebagai Ketua DPRD Provinsi Riau merupakan tanggungjawab yang sangat besar. Maka dari itu, ia meminta doa dan dukungan seluruh masyarakat Riau.

“Mohon doa dan dukungan seluruh masyarakat Riau agar saya bisa mengemban amanah ini dengan baik,” harapnya.

Kaderismanto merupakan putra pasangan Ridwan Ayang dan Raimah (almarhumah). Ia lahir di Desa Batu Panjang, Kecamatan Rupat, Kabupaten Bengkalis, pada 12 Oktober 1978. Di politik, ayah tiga anak ini sudah memulai karier sejak tahun 1999. Ia memulai sebagai Ketua Ranting PDIP Kelurahan Batu Panjang hingga tahun 2000. Sejak saat itu sejumlah jabatan strategis pernah diemban. Diantaranya Bendahara PAC PDIP Kecamatan Rupat tahun 2002-2005, Ketua PAC PDIP Kecamatan Rupat tahun 2005-2010. Hingga ia diamanahkan menjabat Ketua DPC PDIP Bengkalis tahun 2010-2020.

Pada 2019, dirinya sempat merangkap jabatan sebagai Pelaksana tugas (Plt) Ketua DPD PDIP Riau. Dan saat ini, Kaderismanto di partai menjabat sebagai Sekretaris DPD PDIP Riau.

Di DPRD, ia mulai duduk menjadi wakil rakyat pada tahun 2014-2020 dan dipercaya menjabat posisi Wakil Ketua DPRD Bengkalis. Bang Kade, begitu ia akrab disapa, juga pernah maju sebagai calon Bupati Bengkalis pada 2020. Kade berpasangan dengan Iyeth Bustami yang diusung Partai Kebangkitan Bangsa (PKB). Namun Kade belum berhasil meraih kursi orang nomor satu di Bengkalis. Pada 2024, ia kembali maju sebagai Anggota DPRD Provinsi Riau.

Kemudian Kaderismanto berhasil duduk terpilih pada Dapil Dumai, Meranti, dan Bengkalis. Suara Kaderismanto juga cukup signifikan. Bahkan PDI Perjuangan berhasil mengirim tiga utusannya untuk duduk di DPRD Provinsi Riau dari dapil tersebut.

error: Content is protected !!
Scroll to Top