DPRD Provinsi Riau Minta Pemprov Riau Segera Ajukan Draf KUA-PPAS RAPBD Perubahan 2024 untuk Pelantikan Anggota

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau meminta Pemerintah Provinsi Riau (Pemprov) Riau untuk segera ajukan draf Kebijakan Umum Anggaran – Prioritas Plafon Anggaran Sementara (KUA-PPAS) untuk Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (RAPBD) Perubahan 2024 untuk pelantikan Anggota DPRD, Rabu (26/8/2024).

Langkah ini diperlukan agar pelantikan anggota DPRD Provinsi Riau periode 2024-2029 dapat terlaksana sesuai jadwal, yaitu pada tanggal 6 September 2024.

Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan menyatakan, bahwa hingga saat ini belum ada kejelasan apakah anggaran untuk pelantikan tersebut telah diakomodir dalam APBD murni tahun 2024. Jika ternyata tidak dianggarkan, maka anggaran tersebut harus segera dimasukkan dalam APBD Perubahan 2024. Mardianto juga mengingatkan bahwa pengajuan draf KUA-PPAS RAPBD Perubahan harus dilakukan secepatnya mengingat waktu yang semakin terbatas.

Menurut Mardianto, jika pengajuan APBD Perubahan tidak diselesaikan pada akhir Agustus 2024, ada kemungkinan pelaksanaan APBD Perubahan dapat dibatalkan. Hal ini dapat mengganggu persiapan pelantikan anggota DPRD yang baru, karena berbagai proses terkait anggaran memerlukan waktu yang cukup panjang.

Selain itu, Mardianto menyoroti adanya hambatan dalam proses perencanaan di tingkat pemerintah provinsi, yang disebabkan oleh beberapa pergantian pejabat dan masa transisi politik. Kondisi ini, menurutnya, turut mempengaruhi kelancaran proses persiapan APBD Perubahan.

Mardianto juga mengingatkan pentingnya sinkronisasi antara rencana pembangunan jangka panjang daerah (RPJPD) dan rencana pembangunan jangka menengah daerah (RPJMD) dengan APBD yang sedang dibahas. Dia menekankan bahwa keterlambatan dalam proses pembahasan di DPRD Riau akan berdampak pada keseluruhan agenda pembangunan di provinsi ini.

Anggota DPRD periode 2019-2024 akan mengakhiri masa jabatannya pada 6 September 2024, bertepatan dengan pelantikan anggota DPRD Riau periode 2024-2029. Oleh karena itu, pemerintah provinsi diharapkan dapat segera menyelesaikan proses pengajuan anggaran agar pelantikan dapat berjalan sesuai dengan yang direncanakan.

error: Content is protected !!
Scroll to Top