Hardianto Hadiri Apel Kehormatan & Renungan Suci di TMP Kusuma Dharma

Pekanbaru – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia, Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto, hadiri Apel Kehormatan dan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kusuma Dharma, Sabtu (17/8/2024).

Acara yang berlangsung khidmat ini dipimpin langsung oleh Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca yang bertindak sebagai inspektur upacara. Agenda dimulai pukul 00.00 WIB dan dihadiri oleh berbagai unsur pemerintah daerah, TNI, Polri, serta tokoh perjuangan rakyat.

Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto bersama para peserta upacara lainnya memberikan penghormatan kepada para pahlawan yang telah gugur memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Dalam suasana hening dan penuh penghormatan, lampu-lampu yang menerangi TMP Kusuma Dharma dipadamkan sejenak untuk momen renungan suci.

Danrem 031/Wira Bima Brigjen TNI Dany Rakca mengatakan, bahwa apel dan renungan ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban jiwa raga demi kemerdekaan bangsa Indonesia. Oleh karena itu, sudah seharusnya generasi penerus selalu mengenang jasa para pahlawan.

“Kami menyatakan hormat yang sebesar-besarnya atas keikhlasan dan kesucian pengorbanan saudara-saudara sebagai pahlawan dalam pengabdian terhadap perjuangan demi kebahagiaan negara dan bangsa,” ujarnya.

Dijelaskan, ada sebanyak 553 personel berkumpul di TMP Dharma Khusuma Pekanbaru untuk melaksanakan kegiatan apel dan renunangan suci. Adapun rinciannya terdiri dari pasukan TNI 334 orang, Polri 44 orang, Pegawai Sipil 18 orang, Pejuang Rakyat 113 orang, dan Pahlawan tidak dikenal 24 orang.

Apel Kehormatan dan Renungan Suci di TMP Pekanbaru ini menjadi satu diantara rangkaian kegiatan dalam memperingati HUT ke-79 Republik Indonesia di Provinsi Riau. Melalui acara ini, diharapkan masyarakat dapat terus mengingat jasa para pahlawan dan menjadikan semangat mereka sebagai inspirasi dalam membangun bangsa.

error: Content is protected !!
Scroll to Top