Rapat Paripurna HUT Provinsi Riau ke-67

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau menggelar Rapat Paripurna dalam rangka Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Riau ke-67, di Ruang Rapat Paripurna DPRD Provinsi Riau, Jumat (9/8/2024).

Rapat paripurna ini dipimpin oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, didampingi Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Syafaruddin Poti dan Agung Nugroho, serta dihadiri oleh perwakilan dari masing-masing Fraksi DPRD Provinsi Riau, yaitu Ketua Fraksi Partai Golkar Karmila Sari beserta jajaran, Sekretaris Fraksi PDI Perjuangan Suyadi beserta jajaran, Sekretaris Fraksi Partai Demokrat Eva Yuliana beserta jajaran, Wakil Ketua Fraksi Partai Gerindra Nurzafri beserta jajaran, Ketua Fraksi PAN Sahidin beserta jajaran, Ketua Fraksi PKS Markarius Anwar beserta jajaran, Ketua Fraksi PKB Ade Agus Hartanto beserta jajaran, Ketua Fraksi Gabungan (PPP-Nasdem-Hanura) Husaimi Hamidi beserta jajaran.

Pemerintah Provinsi Riau dihadiri oleh Pj Gubernur Riau SF. Hariyant, beserta Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau lainnya.

Turut hadir dalam rapat paripurna ini, para mantan Gubernur Riau di masanya yaitu Saleh Djasit, Rusli Zainal, Wan Abu Bakar, Annas Maamun, Arsyadjuliandi Rachmad, Wan Tamrin Hasyim, Syamsuar dan Mambang Mit, para bupati dan walikota se-Provinsi Riau serta alim ulama, pemuka adat dan tokoh masyarakat serta ahli ibadah lainnya.

Dibuka dengan pembacaan Ayat Suci Al-Quran oleh Ananda Ridho Qori Terbaik I Golongan Tilawah Anak-Anak pada Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Provinsi Riau 2024 di Kota Dumai dan Qori Cilik Terbaik II Tingkat Nasional Tahun 2024.

Bersempena Hari Jadi Provinsi Riau ke-67 pada Tahun 2024 dengan tema “Riau Membangun,” Yulisman mengajak seluruh komponen untuk menekankan pentingnya peran seluruh komponen masyarakat Riau untuk senantiasa berkarya membangun dan mewujudkan Riau yang maju dan cerdas menuju Indonesia Emas.

Ditetapkannya Hari Jadi Provinsi Riau pada tanggal 9 Agustus 1957 berdasarkan Undang-Undang Darurat Nomor 19 Tahun 1957 tentang pembentukan daerah Sumatera tingkat I (Sumatera Barat, Jambi dan Riau), Lembaran Negara Tahun 1957 Nomor 75, kemudian telah ditetapkan menjadi Undang Undang Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2022 tentang Provinsi Riau.

“Berdirinya Provinsi Riau merupakan buah pengorbanan dari para tokoh dan pejuang Provinsi Riau yang tak kenal lelah tanpa pamrih. Teruntuk tokoh dan pejuang daerah Provinsi Riau yang telah mendahului kita, mari kita doakan mereka Husnul khatimah di sisi Allah SWT,” ucap Yulisman.

“Sebagai bentuk penghargaan dan penghormatan kita kepada para tokoh dan pejuang daerah Provinsi Riau maka berdasarkan surat Keputusan Gubernur Riau tentang tanggal 1 Agustus Tahun 2024 tentang penetapan tokoh dan pejuang daerah Provinsi Riau Tahun 2024, selanjutnya kepada Tokoh dan Pejuang Daerah Provinsi Riau tersebut dianugerahkan penghargaan yang akan diterima oleh keluarga ataupun Ahli Warisnya,” sambungnya.

Dilanjutkan dengan penganugrahan penghargaan kepada sejumlah tokoh pejuang daerah Tahun 2024, diantaranya Ustadz Mil Bin Abdul Qadir (1918-2013), Sultan Abdul Jalil Alamuddin Syah Marhum Bukit (1761-1765), Cik Gu H. Kemas Mursyid bin H Kemas Abdullah Siraj (1919-1999), Drs. Mohammad Hatta Usman (1947-2016), dam H. Abdul Latif Bin Nawas (1926-2001).

Dilanjutkan oleh sambutan oleh Pj Gubernur Riau SF Hariyanto yang menggarisbawahi makna penting peringatan hari jadi ini sebagai momentum refleksi atas perjalanan panjang provinsi ini. Menurutnya, hari jadi ke-67 Provinsi Riau bukan sekedar peringatan seremonial, melainkan saat yang tepat untuk mengevaluasi capaian-capaian pembangunan yang telah diraih serta mengejar tujuan yang masih belum tercapai.

“Begitu banyak yang telah kita upayakan untuk membangun Provinsi Riau sehingga mengalami pertumbuhan seperti sekarang ini. Hal ini tentu saja berkat kolaborasi dan kerjasama yang baik antara kita semua,” ungkap SF Hariyanto.

Ia juga menekankan, pembangunan yang telah tercapai adalah hasil dari sinergi yang solid antara pemerintah, masyarakat, dan semua pemangku kepentingan.

Semangat kebersamaan dan optimisme untuk terus membangun Riau yang lebih baik sangat terasa di sepanjang rangkaian acara, mencerminkan tekad bersama untuk membawa Provinsi Riau menuju Indonesia Emas 2045.

Dilanjutkan dengan mendengarkan Korps Pamong Praja Provinsi Riau Lagu Kebangkitan Melayu dan Lancang Kuning serta dilanjutkan dengan Hiburan Kesenian Kuantan Musik Etnik Limono yang berasal dari Kabupaten Kuantan Singingi.

Diakhir acara, Yulisman menyampaikan harapan semoga Hari Jadi Perayaan Hari Ulang Tahun Provinsi Riau yang ke-67 menjadi penambah semangat bagi kita yang terus bersatu untuk membangun Provinsi Riau yang kita cintai.

error: Content is protected !!
Scroll to Top