Hardianto Hadiri Rapat Koordinasi Penanggulangan Bencana Karhutla di Provinsi Riau Bersama Kepala BNPB Pusat

Pekanbaru – Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Hardianto, hadiri rapat koordinasi penanggulangan bencana kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) di Provinsi Riau bersama Kepala BNPB pusat, di Gedung Daerah Balai Serindit, Rabu (7/6/2023).

Hadir dalam rapat tersebut Gubernur Riau Syamsuar, Kepala BNPB Pusat Letjen TNI Suharyanto, Anggota Komisi VIII DPR RI Achmad, serta jajaran Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Provinsi Riau.

Gubernur Riau Syamsuar mengatakan, Forkopimda serta pihak-pihak terkait telah melaksanakan pemadaman, selain itu pihaknya memiliki langkah-langkah dalam penanganan karhutla.

Adapun arahan yang disampaikan oleh Kepala BNPB Pusat, yaitu berdasarkan sebaran kejadian karhutla dan keberadaan bandara di Provinsi Riau, maka wilayah operasi dibagi atas tiga bagian.

Pertama, wilayah operasi utara, dengan home base Bandara Pinang Kampai (Kota Dumai). Kedua, wilayah operasi tengah sebagai main base di pangkalan udara Roesmin Nurjadin (Kota Pekanbaru), dan ketiga wilayah operasi selatan, dengan home base bandara japura (Kabupaten Indragiri Hulu).

Disetiap home base ditempatkan dua hingga tiga helikopter dan water bombing sebagai persiapan jika terjadi kejadian kebakaran hutan dan lahan dalam kurun waktu tertentu.

error: Content is protected !!
Scroll to Top