Mira Roza Hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024

Rokan Hilir – Anggota DPRD Provinsi Riau Mira Roza, hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024 di Bagansiapiapi, Sabtu (22/6/2024).

Proses ritual pembakaran tongkang dimulai dengan mengarak tongkang dari Kelenteng Ing Hong Kiong yang dibawa hingga sampai ke pembakaran tongkang di Jalan Perniagaan Ujung tersebut.

Saat pembakaran, bau asap pembakaran dupa menyeruak di pusat Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Pembakaran hio atau dupa berukuran besar itu merupakan prosesi ritual bakar tongkang, tradisi masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi.

Kegiatan Festival yang dikemas dalam pawai Budaya ini merupakan tradisi rutin tahunan bagi warga Rokan Hilir khususnya warga kerutan etnis tionghoa untuk mengenang kedatangan para leluhur mereka pada saat pertama kali datang ke bumi Rokan Hilir.

Dalam pembakaran tongkang ini, momen yang ditunggu adalah arah jatuhnya tiang layar. Setelah kapal dilahap si jago merah, tiang layar tongkang jatuh ke arah darat. Dengan demikian, warga Tionghoa Bagansiapiapi percaya arah jatuhnya tiang itu menunjukkan keselamatan dan peruntungan usaha. Di mana peruntungan tahun ini berada di darat berdasarkan jatuhnya tiang.

error: Content is protected !!
Scroll to Top