Suyadi Hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024

Rokan Hilir – Anggota Komisi II DPRD Provinsi Riau Suyadi, hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024 di Bagansiapiapi, Sabtu (22/6/2024).

Turut hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Ny Sanimar Afrizal, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Deputi Bidang Pembudidayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol (Purn) Sufahriadi, serta sejumlah tokoh masyarakat yang hadir dalam memeriahkan even ini.

Proses ritual pembakaran tongkang dimulai dengan mengarak tongkang dari Kelenteng Ing Hong Kiong yang dibawa hingga sampai ke pembakaran tongkang di Jalan Perniagaan Ujung tersebut.

Saat pembakaran, bau asap pembakaran dupa menyeruak di pusat Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Pembakaran hio atau dupa berukuran besar itu merupakan prosesi ritual bakar tongkang, tradisi masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi.

Kegiatan Festival yang dikemas dalam pawai Budaya ini merupakan tradisi rutin tahunan bagi warga Rokan Hilir khususnya warga kerutan etnis tionghoa untuk mengenang kedatangan para leluhur mereka pada saat pertama kali datang ke bumi Rokan Hilir.

error: Content is protected !!
Scroll to Top