Husaimi Hamidi Hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024

Rokan Hilir – Sekretaris Komisi II DPRD Provinsi Riau Husaimi Hamidi, hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024 di Bagansiapiapi, Sabtu (22/6/2024).

Proses ritual pembakaran tongkang dimulai dengan mengarak tongkang dari Kelenteng Ing Hong Kiong yang dibawa hingga sampai ke pembakaran tongkang di Jalan Perniagaan Ujung tersebut.

Kegiatan Festival yang dikemas dalam pawai Budaya ini merupakan tradisi rutin tahunan bagi warga Rokan Hilir khususnya warga kerutan etnis tionghoa untuk mengenang kedatangan para leluhur mereka pada saat pertama kali datang ke bumi Rokan Hilir.

Festival Bakar Tongkang saat ini dalam perkembangannya tidak hanya menjadi tradisi warga etnis lokal atau warga keturunan tionghoa semata. Namun sekarang juga telah menjadi salah satu ajang budaya nasional yang tercatat dalam Kharisma Event Nusantara (KEN) 2024, di Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) RI.

Turut hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Ny Sanimar Afrizal, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Deputi Bidang Pembudidayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol (Purn) Sufahriadi, serta sejumlah tokoh masyarakat yang hadir dalam memeriahkan even ini.

error: Content is protected !!
Scroll to Top