Guna Meminimalisir Jalan Rusak Akibat ODOL DPRD Provinsi Riau Usulkan Pembangunan Jalur Kereta Api

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau usulkan pembangunan jalur kereta api guna meminimalisir jalan rusak akibat Over Dimension Over Load (ODOL).

Anggota Komisi IV DPRD Provinsi Riau Manahara Napitupulu mengungkap rencana pembangunan jalur kereta api di Provinsi Riau.

Ia menyebut aspirasi itu sudah disampaikan pada tim Rancangan Peraturan Daerah (Ranperda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau agar diteruskan kepada pemerintah pusat.

Hal itu, lanjut Manahara, juga kembali dibahas dalam rapat Panitia Khusus (Pansus) RTRW DPRD Provinsi Riau bersama seluruh pemerintah daerah kabupaten/kota se-Provinsi Riau.

“Pada pertemuan sebelumnya kita dari Pansus menyampaikan kepada tim dari pemerintah daerah agar juga diadakan masuk dalam rancangan peraturan ini rencana kereta api,” ungkap Manahara, Senin (29/7/2024).

Manahara menuturkan bahwa Riau memiliki sumber daya alam yang tidak sedikit yang diangkut menggunakan kendaraan ODOL sehingga membebani jalan-jalan di kabupaten/kota yang menyebabkan kerusakan.

“Dengan adanya intensitas angkutan ODOL yang mengangkut sumber daya alam itu tadi tidak mampu rasanya kualitas jalan kita terutama jalan provinsi menahan itu, dibebani. Oleh karena itu solusi terbaik adalah itu tadi, kereta api,” tutupnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top