DPRD Provinsi Riau Mengevaluasi Proses PPDB Tingkat SMA Tahun 2024

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau telah melakukan evaluasi proses Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SMA tahun 2024 di wilayah setempat.

Ketua Komisi V DPRD Provinsi Riau Robin P Hutagalung mengatakan, dibandingkan tahun-tahun sebelumnya, PPDB tahun ini menunjukkan kemajuan yang signifikan dalam berbagai aspek.

Robin mengungkapkan, hingga saat ini pihaknya belum menerima keluhan terkait pelaksanaan PPDB. Namun, ia menekankan pentingnya keseriusan dalam menangani tahap pendaftaran ulang bagi siswa yang dinyatakan lulus. Pendaftaran ulang ini dijadwalkan berlangsung pada 6-8 Juli 2024 dan diharapkan berjalan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, Robin juga menegaskan bahwa setelah tanggal pendaftaran ulang, tidak boleh ada lagi penerimaan siswa di luar prosedur yang telah ditetapkan.

Robin menekankan pentingnya penegakan peraturan yang ketat untuk mencegah terjadinya kelas yang melebihi kapasitas.

“Kita harus pastikan tidak ada lagi kelas yang melebihi kapasitas. Jangan sampai ada rombel tambahan yang melebihi aturan,” tegas Robin, Senin (8/7/2024).

Hal ini menurut Robin dianggap penting untuk menjaga kualitas pendidikan dan kenyamanan proses belajar mengajar.

Lebih lanjut, Robin menekankan agar sekolah-sekolah tidak melakukan praktik kecurangan dalam penerimaan siswa setelah prosedur resmi selesai. Ia mengingatkan bahwa semua pihak harus menjalankan aturan dengan transparan dan adil demi kebaikan bersama.

Pentingnya integritas dalam proses PPDB juga disoroti oleh Robin. Ia berharap agar tidak ada lagi praktik “main belakang” yang dapat merugikan siswa-siswa yang telah mengikuti prosedur dengan benar. Semua sekolah diminta untuk patuh pada aturan yang ada.

“Kita optimis kalau peraturan ditegakkan, PPDB tingkat SMA di provinsi Riau akan semakin baik di masa depan. Kami mengajak seluruh pihak terkait untuk berkolaborasi demi terciptanya sistem pendidikan yang lebih baik dan berkualitas,” tutupnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top