Yuliawati Hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024

Rokan Hilir – Anggota DPRD Provinsi Riau Fraksi Partai Demokrat Yuliawati, hadiri Event Nasional Bakar Tongkang Tahun 2024 di Bagansiapiapi, Sabtu (22/6/2024).

Turut hadir dalam acara ini, Ketua TP PKK Ny Sanimar Afrizal, Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Deputi Bidang Pembudidayaan Olahraga Kemenpora RI Komjen Pol (Purn) Sufahriadi, serta sejumlah tokoh masyarakat yang hadir dalam memeriahkan even ini. Puncak pembakaran tongkang ini dilaksanakan di Jalan Perniagaan Ujung, Bagan Hulu, Kecamatan Bangko.

Festival Bakar Tongkang ini tercatat lebih dari 48 ribu wisatawan lokal dan mancanegara ikut meramaikan. Tongkang replika diarak dari dari Klenteng Ing Hok Kiong menuju lapangan tempat prosesi pembakaran. Ribuan wisatawan dan masyarakat ikut mengiringi tongkang jelang pembakaran.

Saat pembakaran, bau asap pembakaran dupa menyeruak di pusat Kota Bagansiapiapi, Kabupaten Rokan Hilir (Rohil). Pembakaran hio atau dupa berukuran besar itu merupakan prosesi ritual bakar tongkang, tradisi masyarakat Tionghoa di Bagansiapiapi.

Dalam pembakaran tongkang ini, momen yang ditunggu adalah arah jatuhnya tiang layar. Setelah kapal dilahap si jago merah, tiang layar tongkang jatuh ke arah darat. Dengan demikian, warga Tionghoa Bagansiapiapi percaya arah jatuhnya tiang itu menunjukkan keselamatan dan peruntungan usaha. Di mana peruntungan tahun ini berada di darat berdasarkan jatuhnya tiang.

error: Content is protected !!
Scroll to Top