Banggar DPRD Riau Menerima Kunjungan Konsultasi dan Koordinasi DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi

Pekanbaru – Tenaga Ahli Badan Anggaran (Banggar) DPRD Provinsi Riau Nifzar, menerima kunjungan konsultasi dan koordinasi DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, di Ruang Rapat Bapemperda DPRD Provinsi Riau, Rabu (24/4/2024).

Kunjungan ini dihadiri oleh Ketua Panitia Khusus (Pansus) Laporan Pertanggungjawaban (LKPJ) DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi Dedi, beserta Anggota Pansus lainnya.

Dalam diskusi tersebut, Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi menanyakan terkait korelasi antara LKPJ dan RPJMD yang telah disepakati melalui Perda dan bagaimana cara mengukur RPJMD.

Menanggapi hal tersebut, Nifzar yang juga merupakan Tenaga Ahli Pansus LKPJ Kepala Daerah menerangkan, bahwa LKPJ adalah tindaklanjut dari pelaksanaan UUD Nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintahan daerah yang dituangkan dalam peraturan pemerintah Nomor 13 tahun 2019 tentang laporan evaluasi penyelenggaraan pemerintah daerah.

Kemudian LKPJ ini, lanjut Nifzar, lebih kepada pengukuran target kinerja pemerintah daerah capaian dan realisasinya selama 1 tahun anggaran.

Terkait korelasi antara RKPJ dan LPJMD, Nifzar mengatakan hal tersebut tentu sangat berkorelasi positif, karena RPJMD merupakan dokumen perencanaan 5 tahunan yang menjadi pedoman penyusunan program kegiatan pembangunan dan anggaran setiap tahunnya selama kurun waktu RPJMD tersebut. Ada kalanya program kegiatan tidak berbanding lurus dengan RPJMD ketika ada hal2 yg bersifat luar biasa dan mendesak serta aturan yang lebih tinggi.

Kemudian, Nifzar juga menjelaskan cara mengukur RPJMD yakni dengan melakukan evaluasi yang bersifat triwulan untuk RPJMD tahun berkenaan dan tahunan untuk kurun waktu RPJMD terkait target dan capaian yang dituangkan di RPJMD.

Diakhir diskusi, Ketua Pansus LKPJ DPRD Kabupaten Tanjung Jabung Barat Provinsi Jambi, berterima kasih kepada DPRD Provinsi Riau dimana telah berkenan menerima kedatangannya dan juga mengucapkan terima kasih Tenaga Ahli Banggar Nifzar yang juga merupakan Tenaga Ahli Pansus LKPJ telah menjawab semua pertanyaannya dengan sangat baik.

error: Content is protected !!
Scroll to Top