Komisi I DPRD Riau Melakukan Kunjungan Observasi Ke Diskominfotik Provinsi Sumbar

Padang – Komisi I DPRD Provinsi Riau melakukan kunjungan observasi ke Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik (Diskominfotik) Provinsi Sumatera Barat, Jumat (14/4/2023).

Kunjungan yang dihadiri oleh Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Eddy A Mohd Yatim, beserta Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau ini, diterima oleh Kepala Bidang IKP Diskominfotik Sumbar Indra Sukma, dan Kepala Bidang Persandian Diskominfotik Pemprov Sumbar Eko Faisal beserta jajarannya.

Ketua Komisi I DPRD Provinsi Riau Eddy A Mohd Yatim menilai, setelah melakukan evaluasi terhadap OPD terkait di Provinsi Riau masih minim inovasi, sehingga menurutnya sangat perlu untuk berdiskusi dan belajar dari program-program kegiatan yang dilaksanakan oleh Diskominfotik Sumatera Barat.

“Kami di Provinsi Riau masih rendah dalam hal inovasi, padahal pak Gubernur cukup memberi ruang yang bebas,” sampainya.

Adapun dikesempatan ini, Kepala Bidang Persandian Diskominfotik Pemprov Sumbar Eko Faisal menjelaskan mengenai program-program kerjanya beserta indikator keberhasilan dari program tersebut.

“Kita ada empat program di Kominfo ini, sesuai dengan Permendagri Nomor 90, terutama adalah program pengelolaan aplikasi dan pendidikan. Kedua adalah pengelolaan program informasi dan komunikasi publik, ketiga adalah program penyelenggaraan statistik sektoral dan keempat adalah program penyelenggaraan persandian untuk pengamanan informasi,” terangnya.

“Jadi kami di Diskominfotik ini ada tiga urusan, urusan pertama ada urusan Kominfo, kemudian yang kedua urusan statistik, yang ketiga urusan persandian. Jadi satu dinas mengelola tiga urusan. Ini ada indikator yang kami lakukan dalam mencapai tujuan dan sasaran jangka menengah dari kominfotik sumatera barat. Karena kita punya indeks yang harus kami capai setiap tahunnya,” tambahnya.

Di akhir diskusi, Anggota Komisi I DPRD Provinsi Riau Mardianto Manan mengapresiasi program kerja yang dilakukan oleh Diskominfotik Sumatera Barat yang menurutnya banyak inovasi yang bisa dicontoh untuk diterapkan di Provinsi Riau.

“Inovasi-inovasi seperti ini, kami yang di Riau perlu belajar bagaimana nanti pola dan sikap kami sebagai DPRD untuk dalam kutip memaksa mungkin dari bidang informatikanya biar giat atau lebih inovatif dalam melakukan hal-hal yang sudah dilakukan oleh pemerintahan di Sumbar ini,” tutupnya.

error: Content is protected !!
Scroll to Top