Komisi I DPRD Riau Bahas Pemekaran Desa Bersama DPRD Labuhan Batu

34

Pekanbaru – Komisi I DPRD Provinsi Riau menerima kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Labuhan Batu, Senin (11/01/2021).

Ketua Komisi I DPRD Riau Ade Agus Hartanto didampingi Anggota Markarius Anwar, Zulfi Mursal dan Uztad Suhaidi beserta Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provoinsi Riau menerima Kunjungan dari Komisi I DPRD Kabupaten Labuhan Batu. Rombongan Komisi I Dipimpin dan didampingi Langsung Oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Labuhan Batu Arsyad Rangkuti beserta Ketua Komisi I Rudi I.R Saragih dan Wakil Ketua Komisi I Rudi Syahputra beserta Anggota lainnya Dipatopan, Lukaman haikm Siregar, Junaidi Nainggolan Syauqon Hilali Nur, Khojali Nasution, Sumiati Manurung, Siti Rahaiya.

Pertemuan tersebut berlangsung di ruang rapat Komisi I DPRD Riau. Adapaun tujuan pertemuan tersebut adalah sharing informasi tentang pemekaran desa serta menjalin silahturahmi sesama badan legislative.

Ketua Komisi I DPRD Labuhan Batu Rudi I.R Saragih meminta penjelasan mengenai tata cara aturan dan pangajuan tentang pemekaran desa khususnya di Provinsi Riau.

“pimpinan, terima kasih atas kesempatannya, kami langsung saja dengan pertanyaan tata cara aturan tentang pemekaran desa khususnya desa-desa di Riau Ini”, Tanya Rudi.

Menanggapi hal tersebut anggota DPRD Riau Zulfi Mursal menjelaskan bahwa sebelum melakukan pemekaran-pemekaran desa pihak terkait harus menyiapkan persiapan/administrasi aturan yang berlaku di perundang-undangan dan menyarankan pihak DPRD Labuhan Batu untuk melakukan studi banding ke Pemkab/DPRD kabupaten/kota karena wewenang pemekaran ini berada pada wilayah kabupaten/kota.

“baik pak, untuk melakukan pemekaran desa pihak terkait harus melakukan persiapan sesuai dengan aturan dan perundang-undangan yang berlaku dan kami sarankan untuk stuban ke pemkab/DPRD kabupaten/Kota karena ini wewenang memang disana tapi berdasarkan pengalaman saya yang pernah menjadi dprd di siak, saya akan membagikan pengalaman ini kepada bapak/ibu pada pertemuan ini”. Terangnya.