Ketua DPRD Riau Hadiri Musda MUI Riau

65

Pekanbaru – Ketua DPRD Provinsi Riau Yulisman, menghadiri acara Musyawarah Daerah Majelis Ulama Indonesia (MUI) se-Provinsi Riau. selasa (29/12/2020).

Acara yang Berlangsung  di ballroom hotel Ameera Pekanbaru dihadiri oleh Wakil Gubernur Riau Eddy Natar Nasution, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda), Ketua MUI Provinsi Riau Nazir Karim, serta diikuti pula secara Virtual oleh Wakil ketua umum MUI pusat Anwar abbas, peserta dan panitia MUSDA ke VII MUI provinsi Riau.

Acara yang diawali dengan kata sambutan oleh ketua MUI Provinsi Riau Nazir Karim mengatakan bahwa Musda adalah Forum tertinggi, forum ini memiliki makna sangat penting, yakni sebagai mitra berjuang untuk menciptakan kenyamanan, kondusifitas beragama. Sehingga manisnya iman di rasakan semua umat dan  berharap sangat besar tentang peran MUI untuk menentukan jalannya program apa yang bisa di laksanakan untuk meningkatkan ukhuwah. Dalam Musda Ke VII MUI Provinsi riau ini adalah salah satu bentuk dalam memberikan pelayanan terhadap umat oleh Ulama.

Tiga peran utama MUI yang harus dilaksanakan demi umat, peran yang pertama yaitu MUI sebagai pelayan umat, karena itu program-program MUI harus menjawab masalah yang dihadapi umat. Kedua, MUI sebagai penuntun umat, yaitu MUI harus berperan mengarahkan dan menuntun umat dalam pelayanannya.

“Misalkan mengarahkan umat untuk bagaimana mengkonsumsi makanan yang halal, serta memperoleh harta yang halal. Kemudian MUI juga harus menjaga akidah umat, yaitu merawat akidah agar tidak terpengaruh dengan faham dan aliran intoleransi atau radikal, Hal ini agar terjalin hubungan antarsesama manusia yang baik, serta antar umat beragama,” tegasnya.

Masih dalam acara yang sama Wakil Gubernur riau dalam sambutannya mengatakan Musda bagi suatu organisasi merupakan hal yang sangat penting dilaksanakan, diantaranya untuk menentukan susunan kepengurusan dan langkah serta program kerja strategis lembaga/organisasi dalam menjalankan dan memajukan roda organisasi. Untuk itu pada kesempatan ini, wakil gubernur riau juga mengatakan pentingnya menjaga ukhuwah Islamiyyah diantara umat Islam, karena pada hakikatnya umat Islam itu bersaudara, bagaikan bangunan yang kokoh antara yang satu dengan yang lainnya saling menguatkan.

“Jalinan persaudaraan dan kerukunan umat beragama yang kuat bisa menjadi modal bagi pembangunan umat ke depan menuju daerah yang makmur dan berakhlak, kerukunan umat beragama juga modal utama dalam menjaga integritas NKRI” Imbuhnya.