Komisi V dan Disnakertrans Kepri Berbagi Info soal BLK

148

Batam – Kunjungan observasi Komisi V DPRD Riau ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Kepulauan Riau. Selasa (15/12).

Rombongan dipimpin oleh Ketua Komisi V, Edy Mohd Yatim serta anggota Komisi V lainnya yakni Sunaryo, Syafrudin Iput, Muhammad Aulia dan Arnita Sari. Rombongan diterima oleh Sekretaris Disnakertrans Kepri, Abdul Bar.

Dalam kunjungan ini khusus membahas masalah Balai Latihan Kerja (BLK) dan Penanganan Tenaga Kerja Asing di kedua Provinsi. Menurut informasi dari Kepala disnaker Provinsi Riau pada tahun 2021 mendatang ada beberapa BLK milik Pemprov Riau yang akan diambil alih pengelolannya oleh Kemenaker. Ketiga BLK itu adalah BLK Pekanbaru, BLK Dumai dan BLK Rokan Hulu.

Menanggapi hal tersebut, Sekretaris Disnakertrans Kepri, Abdul mengatakan hal tersebut bisa saja terjadi, “Pengambil alihan ketiga BLK tersebut bisa jadi diakibatkan oleh minimnya anggaran di tiga kabupaten/kota tersebut dan tidak fokusnya materi pelatihan BLK menjadi alasan utama.” ujarnya.

“Pengambilan ini pun tidak akan terlalu sulit mengingat selama ini BLK daerah programnya kebanyakan dari kementrian, hanya saja yang jadi pekerjaan rumah adalah proses pembenahan secara menyeluruh mulai dari infrastruktur dan peralatan pelatihan, kuantitas dan kualitas, metode dan kurikulum pelatihan serta manajemen pengelolaan BLK itu sendiri.” tutupnya.