Komisi III : Kondisi Mess Sangat Memprihatinkan

123

Jakarta – Komisi III DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Observasi ke Kantor Badan Penghubung Provinsi Riau di Jakarta. Selasa (15/12).

Rombongan Komisi III DPRD Riau dipimpin oleh Ketua Komisi III Husaimi Hamidi, Wakil Ketua Komisi III Karmila Sari, Sekretaris Komisi III Eva Yuliana serta anggota Komisi III lainnya yakni Sugeng Pranoto, Ramos Teddy Sianturi, Abu Khoiri, Sofyan Siroj, Syamsurizal, dan Syahroni Tua.

Setibanya di kantor Badan Penghubung Provinsi Riau, rombongan diterima oleh Erisman Yahya selaku Kepala Badan (Kaban) Penghubung Provinsi Riau di Jakarta.

Lebih lanjut dalam pertemuan ini mengkhusukan pada pembahasan Mess Riau yang berada di daerah Slipi, Kec. Palmerah, Jakarta Barat.

“Kondisi mess saat ini sudah sangat memperihatikan, anggaran pemeliharaan juga sudah tidak ada. Fungsinya juga hanya diinap oleh orang sakit, atau mahasiswa-mahasiswa Riau yang tidak punya uang, setiap tahun juga laporan keuangannya selalu rugi.” jelas Erisman kepada Komisi III.

Untuk itu, saat ini bersama Pemerintah Provinsi Riau dengan menggandeng Bank Riau Kepri, muncul wacana untuk membuat suatu Mess atau Hotel Riau di Jakarta.

“Kita ingin ada ikon Riau di Ibu Kota negara ini, serta menjadi Pendapat Asli Daerah (PAD). Jadi bisa menjadi keuntungan bukan hanya laporan kerugian saja setiap tahun terhadap aset Riau yang ini,” kata Erisman kembali.

Anggota Komisi III Eva Yuliana menekankan betul tentang komitmen dan keseriusan seluruh pihak terkait sehingga perencanaan baik ini tidak sebatas wacana, “Rencana ini harus benar-benar ada keseriusan dan komitmen yang luar biasa,” ujar legislatif wanita dari Fraksi Partai Demokrat ini.

Hal senada diungkapkan juga oleh Karmila Sari soal keseriusan dan komitmen tersebut, “Benar sekali, harus ada keseriusan dan komitmen sehingga kalau kata anak sekarang rencana ini jangan hanya sebatas halu saja.” ujar Karmila.

Syahroni Tua dalam penyampaiannya meminta harus ada kajian lebih dalam terkait mess Riau ini, “Apakah mau merenovasi atau membangun ulang serta mau kearah orientasi sosial yang melalui APBD atau orientasi bisnis yang tentu tidak boleh memakai APBD, harus dibahas terkait hal ini semua.” ujarnya.

Guna melengkapi pembahasan ini, Komisi III setelah pertemuan tersebut turun langsung meninjau langsung kondisi Mess Riau yang berada di daerah Slipi.