Komisi II DPRD Riau Kunjungan Observasi BPTU-HPT Padang Mangatas Payakumbuh

189

Payakumbuh – Komisi II DPRD Provinsi Riau melakukan Kunjungan Observasi ke Balai Pembibitan Ternak Unggul dan Hijauan Pakan Ternak (BPTU-HPT) Padang Mangatas Payakumbuh. Jumat (20/11/2020).

Kunjungan ini dipimpin langsung oleh Ketua Komisi II DPRD Riau, Robin Hutagalung beserta anggota Komisi II lainnya yakni Suyadi, Ali Rahmad Harahap, Manahara Napitupulu, Marwan Yohanis, Ardiansyah, Muhammad Arfah, dan Sulaiman.

Kunjungan ini diterima langsung oleh Kepala BPTU-HPT, Gigi Tri Pambudi beserta jajarannya.

Adapun pembahasan mengenai tugas yang ada di BPTU HPT Padang Mangatas yaitu pemeliharaan, produksi, pemuliaan, pengembangan dan distribusi bibit ternak unggul, serta produksi dan distribusi benih atau bibit hijau pakan ternak.

Sebagai unit pelaksana teknis pembibitan sapi dan hijauan pakan ternak, BPTU HPT Padang Mangatas terus berusaha memberikan kontribusi bagi masyarakat khususnya peternak sapi untuk memproduksi bibit sapi yang unggul. Beberapa jenis sapi yang dikembangkan adalah jenis simental, limosin dan sapi pesisir. Bibit sapi yang sudah terseleksi akan dikeluarkan untuk dapat dikembangkan bagi masyarakat atau balai-balai pembibitan daerah.

Selanjutnya, adapun lahan dengan luas lahan 280 Ha, padang pengembalaan 211 Ha, kebun HPT 9 Ha, kebun bibit 17 Ha, dan gedung, kandang, jalan, dan sumber air sebanyak 43 Ha.