Laporan Pansus Perubahan OPD Provinsi Riau

127

Pekanbaru – DPRD Provinsi Riau menggelar Rapat Paripurna dengan Agenda Laporan Hasil Kerja Pansus terhadap Raperda tentang Perubahan Perda No. 4 Tahun 2016 Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Riau, Senin (2/9/2019).

Rapat Paripurna ini dipimipn oleh Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Sunaryo, didampingi oleh Ketua DPRD Provinsi Riau Septina Primawati dan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau Asri Auzar, yang mana dari Pemerintah Provinsi Riau hadir langsung Gubernur Riau Syamsuar.

Penyampaian Laporan Hasil Kerja Pansus terhadap Raperda tentang Perubahan Perda No. 4 Tahun 2016 Pembentukan dan Susunan Perangkat Daerah Provinsi Riau, yakni Mira Roza Anggota DPRD Provinsi Riau dari Partai PKS.

Dalam penyampaiannya, Mira Roza sebagai juru bicara pansus menyebut bahwa dari 25 Dinas akan dirampingkan menjadi 23 Dinas, sedangkan dari Badan Daerah yang semula 7 dirampingkan menjadi 6 Badan.

Adapun sejumlah OPD yang digabung yakni, Dinas Ketahanan Pangan dengan Urusan Tananaman Pangan dan Holtikultura akan digabung menjadi DinasĀ  Dinas Pangan, Tanaman Pangan dan Holtikultura. Adapun sub urusan perkebunan akan berdiri sendiri menjadi Dinas Perkebunan.

Dinas Kependudukan Catatan Sipil, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana dihapuskan, yang mana urusan Disdukcapil akan digabung ke Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa serta urusan Keluarga Berencana akan digabungkan ke Dinas Pemberdayaan perempuan dan Perlindungan Anak.

Dinas Perdagangan, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah akan dihapus, sehingga urusan pada dinas tersebut akan digabung ke Dinas Perindustrian.

Terakhir yakni Badan Penelitian dan Pengembangan akan dihapus dan segala urusannya dipindahkan ke Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda).